PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODELPEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CARD SORT DAN ICE BREAKINGPADA SISWA KELAS VII F SMP MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mismaya Marry Dany, Puji Nugraheni, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah Purworejo, yang akan mempengaruhi prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Card Sort dan Ice Breaking. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII F yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes prestasi belajar setiap siklus, berupa tes uraian. Setelah data terkumpul data dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil observasi diperoleh peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 59,98% dengan kriteria “tinggi” menjadi 77,22% dengan kriteria “sangat tinggi”. Peningkatan aktivitas siswa berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah Purworejo meningkat, dari nilai rata-rata awal 60 dengan ketuntasan 31,5% menjadi 66,7 dengan ketuntasan 37,9% setelah diberi tindakan pada siklus I dan meningkat lagi

menjadi 78,10 dengan ketuntasan 75,86% setelah diberi tindakan pada siklus II.

Kata kunci: aktivitas siswa, jigsaw, card sort, ice breaking


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v6i1.827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.