PENINGKATAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 4 KEBUMEN

Alvi Kurnia Noviyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan: 1) penalaran matematis siswa melalui Contextual Teaching and Learning dan 2) kepercayaan diri siswa melalui Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E berjumlah 31 siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data ada 4 yaitu, observasi, angket, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penalaran matematis siswa kelas VIII E mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan dengan model pembelajaran CTL. Berdasarkan hasil tes penalaran matematis siswa pada siklus I kategori kurang sekali dan siklus II kategori sangat baik. Kepercayaan diri dengan model Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi kepercayaan diri pada siklus I kategori cukup dan pada siklus II kategori sangat baik. Hasil angket kepercayaan diri pada siklus I cukup dan pada siklus II kategori baik.

Kata kunci: penalaran matematis, kepercayaan diri, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v44i1.6745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.