IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA SMP BERDASARKAN TINGKAT BERPIKIR VAN HIELE DALAM MENYELESAIKAN SOAL SEGITIGA

Rahayu Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui kesalahan siswa berdasarkan tingkat berpikir van Hiele dalam menyelesaikan soal segitiga. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP. Pemilihan subjek penelitian menggunakan teknik purpossive. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini, berupa jawaban siswa yang dianalisis berdasarkan 5 kategori kesalahan Watson dalam menyelesaikan soal segitiga berdasarkan tingkat berpikir van Hiele. Pada tingkat 0, subjek mampu menentukan jenis bangun segitiga berdasarkan penampilan sesungguhnya meskipun melakukan kesalahan. Kesalahan pada tingkat ini, termasuk dalam kategori kesalahan data tidak tepat (inappropriate data/ id) dan masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/ shp). Pada tingkat 1, subjek mengenal dan menyebutkan sifat-sifat bangun segitiga dengan benar. Namun jawaban subjek menunjukkan bahwa subjek melakukan kesalahan yakni kesalahan data hilang (ommited data/od), masalah hierarki keterampilan (skills hierarchy problem/ shp), dan kesalahan subjek tidak memberikan jawaban. Pada tingkat 2, rata-rata subjek tidak mampu menjelaskan bangun segitiga, subjek cenderung melakukan kesalahan. Kesalahannya yakni kesalahan data hilang (ommited data/od), dan subjek tidak memberikan jawaban.

Kata kunci:  Kategori kesalahan Watson, tingkat berpikir van Hiele

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v43i1.6741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.