HUBUNGAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIK SISWA SMP

Asih Tri Handayani

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah tedapat hubungan positif dan signifikan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Pituruh Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif assosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Pituruh tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 352 siswa. Sampel penelitian berjumlah 53 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportionate Random Sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode tes yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data menggunakan korelasi Product Moment untuk mengetahui hubungan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar matematika dan uji-t untuk mengetahui tingkat signifikansinya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kurang dari atau sama dengan 75 dan prestasi belajar matematika kurang dari atau sama dengan 75. Dari pengujian hipotesis hubungan kemampuan membaca pemahaman dan prestasi belajar matematika diperoleh koefisien korelasi 0,33. Hasil perhitungan nilai uji t dengan taraf signifikan 5% menunjukan besar harga thitung > ttabel atau 2,51 > 2,08, maka  ditolak, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: kemampuan membaca pemahaman, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v39i1.5841

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.