PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK MELALUI PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematik melalui pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 33 Purworejo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP Negeri 33 Purworejo berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Peningkatan berpikir kreatif diperoleh dari data hasil observasi dan tes. Perolehan data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan aspek fluency adalah 16,4%, siswa mampu menghasilkan banyak ide/gagasan dalam pemecahan masalah. Peningkatan aspek flexibility adalah 39,85%, siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan berbagai cara. Peningkatan aspek originality adalah 23,05%, siswa mampu menyelesaikan permasalahannya dengan langkah-langkahnya sendiri. Peningkatan aspek elaboration adalah 6,25%, siswa mampu menyelesaikan permasalahan secara rinci.
Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, pendekatan konstruktivismeFull Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v38i1.5661
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
![Lisensi Creative Commons](https://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.