ANALISIS PENGETAHUAN PROSEDURAL BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT PADA SISWA SMP

Ulin Rakhmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengetahuan prosedural siswa saat menyelesaikan masalah matematika dalam materi bangun ruang kubus dan balok pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah fenomenologi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP N 2 Adimulyo tahun pelajaran 2017/2018.Teknik pengambilan subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive dan snowball.Pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan prosedural, observasi, catatan lapangan, dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis dari Miles & Hubermen yang meliputi tiga aktivitas yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu pengetahuan prosedural siswa dengan gaya kognitif field independent diketahui bahwa siswa mampu untuk menentukan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, mampu mengerjakan soal secara sistematis dan menyelesaikan setiap langkah sebelum menuju langkah selanjutnya, mampu menggunakan informasi yang telah didapatnya dari soal dan menggunakan rumus-rumus matematika yang telah ditentukannya serta yakin, jika rumus yang digunakannya sudah benar, dan mampu menganalisis soal dan menjelaskan langkah-langkah yang digunakannya untuk menyelesaikan soal dengan baik. Sedangkan untuk siswa dengan gaya kognitif field dependent diperoleh hasil bahwa siswa nampak kesulitan menentukan langkah-langkah yang digunakan untuk menyelesaikan soal, mampu menyelesaikan soal secara sistematis namun masih kurang lengkap, mampu untuk menggunakan informasi yang telah di dapatnya dari soal dan menerapkan rumus-rumus yang telah ditentukannya, namun masih belum yakin jika rumus yang digunakannya sudah benar, nampak belum mampu menganalisis soal serta menjelaskan langkah-langkah yang digunakannya untuk menyelesaikan soal yang dikerjakannya dengan baik.

 

Kata kunci: pengetahuan prosedural, gaya kognitif field dependent, gaya kognitif field independent

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v38i1.5660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto