ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE OPEN-ENDED
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir analitis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dengan metode open-ended. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2017/ 2018 dengan teknik pengambilan subjek adalah purposive. Metode pengumpulan data adalah tes berpikir analitis, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah open-ended memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitisnya karena siswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan hasil pemikirannya secara aktif dan kreatif. Hal itu memberikan banyak informasi berkenaan dengan kemampuan berpikir analitis siswa. Kemampuan berpikir analitis siswa dalam menyelesaikan masalah open-ended pada siswa berkemampuan matematika tinggi dapat memunculkan tiga indikator yaitu membedakan (differentiating), mengorganisasi (organizing), dan mengatribusikan (attributing).
Kata kunci: kemampuan berpikir analitis, masalah open-ended
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v38i1.5659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.