KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED GROUP AND QUESTION THROWING DAN THINK TALK WRITE TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Tri Nugroho Jati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Group and Question Throwing lebih baik dari pada prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write pada materi fungsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIIIMTs Ma’arif NU Pituruh Tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah populasi sebanyak 4 kelas, dengan  simple random sampling. Dari 4 kelas  yang ada, diambil acak sebanyak dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen pertama dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen kedua. Teknik pengumpulan data menggunakan dua metode yaitu metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-student (uji-t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai pada kelas eksperimen pertama 58,43 dan pada kelas eksperimen kedua 58,47. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa H0 ditolak. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapat model pembelajaran Numbered Group and Question Throwing lebih baik dibandingkan prestasi belajar siswa yang mendapat metode Think Talk Write pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif NU Pituruh Tahun pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci:     Numbered Group and Question Throwing, Think Talk Write, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v38i1.5654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto