IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan pendekatan saintifik berbantu GeoGebra untuk meningkatkan: 1) pemahaman konsep dan 2) kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MM C SMK N 1 Gombong Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendekatan saintifik berbantu GeoGebra dapat meningkatkan: 1) pemahaman konsep dengan perolehan persentase siklus I yaitu 39% lalu pada siklus II mengalami kenaikan menjadi 75% siswa dengan predikat Baik dan Sangat Baik; 2) kemandirian belajar siswa dengan perolehan persentase siklus I yaitu 42% lalu meningkat pada siklus II menjadi 81% siswa dengan predikat Baik dan Sangat Baik.
Kata kunci: pendekatan saintifik, GeoGebra, pemahaman konsep, kemandirian belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v37i1.5648
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.