STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP DAN BUZZ GROUP DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Galang Fitriani, Bambang Priyo Darminto, Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan apakah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pihak kanan. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Syndicate Group lebih baik daripada pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan metode diskusi kelompok jenis Buzz Group pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Purworejo tahun 2017/2018.

 

Kata kunci: Syndicate Group, Buzz Group, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v37i1.5641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto