STUDI PERBANDINGAN TAPPS DAN TPS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN SISWA SISWA SMP

Aisyah Wakhidatu Ardia Rohmah, Nila Kurniasih, Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 4 Purworejo pada tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang dipilih dengan simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, metode tes, dan metode observasi. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berbetuk uraian dan lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji beda rataan multivariat, dengan uji prasyaratnya yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika dan keaktifan siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS.

Kata kunci: TAPPS, TPS, pemecahan masalah, matematika, keaktifan




DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v37i1.5639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto