PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS ONLINE UNTUK SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS dengan pendekatan matematika realistik berbasis online sebagai sumber belajar. Produk yang dikembangkan berupa LKS online sesuai tujuan yang telah disampaikan. Kelayakan LKS onlinemeliputi kevalidan, respon siswa, dan keterlaksanaan pembelajaran.Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMP NEGERI 4 Purworejo di dalam kelas. Tahap uji coba terbatas berjumlah 5 siswa pada kelas 9 dan tahap uji coba luas berjumlah 32 siswa pada kelas 7H. Hasil analisis data yang diperoleh: (1) hasil validasi LKS online dari tiga validator yaitu 3,64 dengan kategori sangat baik. (2) hasil respon siswa terhadap LKSonlinepada uji coba terbatas diperoleh 81,17% dengan kategori sangat kuat dan pada uji coba luas diperoleh 82,86% dengan kategori sangat kuat. (3) hasil keterlaksanaan pembelajaran diperoleh 3,8 dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, LKS online yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan baik yakni ≥ 75% dan layak digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci: LKS,Pendekatan Matematika Realistik, online.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v35i1.5269
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.