STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK DAN EVERYONE IS TEACHER HERE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

Puput Yuliyana Saputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Pair Check lebih baik dibandingkan pemahaman konsep matematika yang dikenai model pembelajaran Everyone isTeacher here pada siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo sebanyak 155 siswa dengan sampel 62 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data berupa metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen penelitian berupa tes pemahaman konsep yang sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik pengolahan data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan, dan uji hipotesis. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi  α = 0,05. Dari analisis data, diperoleh thitung sebesar 2,262 dan ttabel sebesar 2,0003, karena thitung DK maka H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan pemahaman konsep matematika siswa yang dikenaimodel pembelajaran Pair Check lebih baik dibandingkan pemahaman konsep matematika siswa yang dikenai model pembelajaran Everyone is Teacher here. Model pembelajaran pair Check merupakan pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk kerja sama, menyenangkan, tidak cepat bosan, dan dituntut untuk bisa memberi penilaian.

Kata Kunci: Pair Check, Everyone is Teacher Here, Pemahaman Konsep.


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Ekuivalen
Jurnal Pendidikan Matematika

E-ISSN 2541-4070