PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEA DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF PADA RANAH KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP

Inayah Wijayati, Bambang Priyo Darminto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  apakah ranah koneksi matematis siswa menggunakan model pembelajaran MEA dengan pendekatan metakognitif lebih baik  dari  koneksi matematis siswa dengan model ekspositori pada  siswa  kelas  VII SMP  Negeri  33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu, dengan populasinya yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Uji  prasyarat  analisis  data  yaitu uji normalitas dengan metode  Lilliefors dan  uji  homogenitas dengan metode Bartlett. Analisis  data  menggunakan  uji hipotesis ekor kanan dengan uji t. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ranah koneksi matematis siswa mengunakan model pembelajaran MEA dengan pendekatan metakognitif  lebih baik dari model ekspositori pada siswa kelas VII SMP Negeri 33 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Kesimpulan ini berdasarkan pada pengujian hipotesis dengan uji t dan 𝛼 = 0,05 diperoleh  = 1,7951 dan  = 1,645 dan daerah kritiknya DK = {t│t >1,645} dengan sampel sebanyak 60 siswa.

Kata kunci: MEA, Metakognitif, Koneksi matematis.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v34i1.5094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.