EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII MTS NEGERI PREMBUN

Ani Setyaningsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi mana yang lebih baik antara siswa yang diberi perlakuan model NHT dan demonstrasi pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs Negeri Prembun tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa dan dokumentasi untuk data kemampuan awal siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Prembun sebanyak 247. Dengan teknik cluster random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan metode tes. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrument. Metode tes dilakukan untuk memperoleh data nilai akhir setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen dan kontrol, data analisis dengan uji normalitas dengan metode Lilliefors, uji homogenitas dengan metode Bartlett dan uji hipotesis menggunakan uji t, dengan  menunjukkan bahwa tobs sebesar 1,869 sedangkan t0,05;67=1,668. Karena tobs ttabel sehingga Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran NHT memberikan prestasi belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran demonstrasi pada materi segi empat pada siswa kelas VII MTs Negeri Prembun.

 

Kata kunci: model pembelajaran, NHT, prestasi belajar, segi empat


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.