UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS V SD NEGERI 2 LUGOSOBO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ratna Widyanti

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas V SD N 2 Lugosobo Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian semua siswa kelas V SD N 2 Lugosobo berjumlah 35 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan teknik presentase dianalisis secara kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat siswa pada siklus I sebesar 65,92% dan pada siklus II sebesar 89,59%. Berdasarkan pengamatan tersebut menunjukkan ada peningkatan minat siswa sebesar 23,67%, selama proses pembelajaran berlangsung. Pada siklus I, persentase minat siswa adalah 65,92 % dan dikategorikan kurang baik. Pada siklus II, persentase minat siswa adalah 89,59%. dan dikategorikan sangat baik. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I adalah 59,56 dan pada siklus II meningkat menjadi 64,33. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa metode pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas V SD N 2 Lugosobo.

 

Kata kunci: minat, prestasi, model pembelajaran, STAD


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.501

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.