EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TAI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA OPERASI BILANGAN BERPANGKAT DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X SMK NEGERI SE-KABUPATEN PURWOREJO

Maulidiyah .

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TAI lebih baik dari model ekspositori, (2) apakah prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih baik dari auditorial dan kinestetik, serta prestasi belajar siswa dengan gaya belajar auditorial lebih baik dari kinestetik, (3) apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar siswa pada materi operasi bilangan berpangkat. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 64 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik stratified cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dengan metode dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% memberikan hasil: (1) prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran TAI lebih baik dari prestasi belajar siswa dengan model ekspositori, (2) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi operasi bilangan berpangkat.

 

Kata kunci: model pembelajaran, TAI, ekspositori, gaya belajar


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v3i1.500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.