PROSES PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SISTEM PERTIDAKSAMAAN KUADRAT DUA VARIABEL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa melakukan: (1) memahami masalah, siswa dapat menyatakan yang diketahui dan yang ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri, (2) merencanakan penyelesaian, siswa dapat menentukan aturan/rumus mengenai sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang digunakan, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, siswa menerapkan langkah-langkah penyelesaian dan melakukan perhitungan secara baik sesuai dengan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang pernah dipelajari sebelumnya, walaupun ada satu tahap yang tidak dilakukan yaitu menentukan titik potong kedua grafik (4) memeriksa kembali proses dan hasil, siswa memeriksa kembali langkah dan perhitungan yang telah dilakukan dari awal sampai akhir.
Kata kunci: Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Langkah Polya
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.