PENERAPAN MODEL NHT TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KERJASAMA BELAJAR PADA SISWA SMP

Agung Afani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep dan kerjasama  belajar dengan model NHT lebih baik dibandingkan model ekspositori pada siswa SMP, (2) pembelajaran dengan model NHT efektif digunakan pada siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, tes, lembar observasi. Uji hipotesis menggunakan uji-t multivariat kemudian dilanjutkan dengan uji-t univariat. Berdasarkan perhitungan dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemahaman konsep dan kerjasama  belajar dengan model NHT berbeda dengan kemampuan pemahaman konsep dan kerjasama  belajar dengan model ekspositori. Berdasarkan uji univariat diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep dengan model NHT lebih baik dibandingkan model ekspositori, sedangkan untuk kerjasama  belajar dengan model NHT lebih baik dibandingkan model ekspositori (2) Pembelajaran dengan menggunakan model NHT efektif digunakan pada siswa SMP.

Kata kunci: pemahaman konsep, kerjasama belajar, Numbered Heads Together


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v33i1.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.