EKSPERIMENTASI MODEL LEARNING CYCLE 5E DAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Tugiarti Tugiarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui: (1) apakah komunikasi matematis siswa dan prestasi belajar matematika siswa yang diberi model pembelajaran Learning Cycle 5E  lebih baik dari model Think Talk Write (TTW) dan (2) keefektifan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Desain peneitian ini menggunakan quasi experimental. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Purworejo dan diambil dua kelas sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes uraian yang telah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis data menggunakan uji-t multivariat menunjukkan terdapat perbedaan antara model pembelajaran Learning Cycle 5E dan model pembelajaran TTW. Hasil uji univariat disimpulkan bahwa komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang diberi model pembelajaran Learning Cycle 5E lebih baik dari model pembelajaran TTW. Hasil uji keefektifan dengan uji-t menunjukkan model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif diterapkan pada prestasi belajar dan tidak efektif untuk mengembangkan komunikasi matematis.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.