EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN CTL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATERI BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Ahsanul Fikri, Prasetyo Budi Darmono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa ditinjau dari gaya belajar siswa. Model pembelajaran yang dibandingkan adalah CTL dan Ceramah. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas  VII SMP Negeri 1 semester genap. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple cluster random sampling. Sampel dibagi menjadi dua kelas yang dikenai CTL dan dikenai Ceramah. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji hipotesis menggunakan uji anava dua jalan sel tak sama dilanjutkan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran CTL maupun Ceramah, (2) prestasi belajar siswa dengan gaya belajar kinestetik lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar visual dan gaya belajar auditorial, dan prestasi belajar siswa dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditorial, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v32i1.4770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.