ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA DILIHAT DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Sri Mulyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa dengan motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah pada materi operasi hitung bilangan bulat. Jenis penelitian ini pe­nelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan matematika yang dilakukan oleh siswa dengan motivasi tinggi dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat meliputi kesalahan ceroboh dalam perhitungan operasi hitung. Kesalahan matematika yang dilakukan  siswa dengan motivasi sedang dalam menyelesaikan soal operasi hitung meliputi (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan notasi, dan (3) kesalahan ceroboh dalam perhitungan. Kesalahan matematika yang dilakukan siswa bermotivasi rendah dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan bulat meliputi (1) kesalahan konsep, (2) kesalahan notasi, (3) kesalahan ceroboh dalam perhitungan, dan (4) kesalahan operasi. Hal ini menunjukkan adanya sedikit perbedaan kesalahan matematika yang dilakukan siswa yang memiliki motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.