ANALISIS KESALAHAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

Lisa Puji Kurniawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan apa yang dilakukan siswa kelas VIII SMP dengan kemandirian belajar tinggi dan siswa kemandirian belajar rendah pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu kesalahan matematika yang dilakukan oleh siswa dengan kemandirian belajar tinggi dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar dalam penulisan jumlah rusuk pada bangun balok dan pemasukan angka kedalam rumus volume balok serta kesalahan prinsip dalam mengerjakan soal luas permukaan balok. Dan kesalahan matematika yang dilakukan siswa dengan kemandirian belajar rendah dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar  (1) kesalahan konsep konsep berupa salah dalam menggunakan rumus luas permukaan balok, (2) kesalahan notasi pada penulisan rumus luas permukaan balok yang seharusnya p×l×t ditulis P×L×T, serta tidak adanya penulisan satuan panjang pada hasil perkalian volume dan luas permukaan balok, (3) kesalahan ceroboh terlihat dalam kesalahan menggambar jaring-jaring kubus, dan (4) kesalahan prinsip yang tidak sesuai dengan urutan pengerjaan, siswa langsung menghitung volume balok tanpa mencari nilai x terlebih dahulu.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4357



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.