HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Nurul Irfan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) motivasi belajar dengan prestasi belajar matematika (2) lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika (3) motivasi belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar matematika. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah metode angket dan tes. Metode angket digunakan untuk meng­ukur hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar ter­­hadap prestasi belajar matematika siswa dan tes digunakan un­tuk mengukur prestasi belajar matematika siswa. Hasil penelitian pada korelasi dengan α= 5% menunjukkan bahwa tedapat hubungan positif: (1) motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,23 dan signifikan; (2) lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,18 dan signifikan; (3) motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,16 dan signifikan.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.