PENERAPAN PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE BERBANTU VIDEO ANIMASI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Fitri Ratna Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu video animasi matematika. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII-B SMP Negeri 31 Purworejo. Jenis penelitian adalah PTK dengan 3 siklus, untuk setiap siklus 3 kali pertemuan dengan pertemuan terakhir diadakan tes evaluasi siklus. Pengumpulan data dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan melalui penerapan model pembelajaran Example Non Example berbantu video animasi matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 31 Purworejo.Rerata persentase pemahaman konsep matematika  siklus I yaitu 62,38% dengan kategori cukup. Siklus II mengalami kenaikan menjadi 75,14% dengan kategori baik. Siklus III mengalami kenaikan menjadi 82,10% dengan kategori baik. Ketuntasan klasikal pemahaman konsep kelas lebih dari 75% jumlah siswa mencapai kategori sangat baik.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.