PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DENGAN MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran POGIL. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, wawancara tidak terstruktur dan catatan lapangan. Semua data dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model POGIL dapat meningkatkan: (1) pemahaman konsep yaitu siswa dapat memahami konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase siklus I sebesar 68,75% katagori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 78,41% katagori baik. (2) berpikir kreatif matematis yaitu siswa dapat mengungkapkan dan mengembangkan gagasan yang dimilikinya dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Dari hasil tes diperoleh rerata persentase siklus I sebesar 64,20% katagori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 77,84% katagori baik.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v31i1.4344
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.