PENGARUH RESILIENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP

Trisna Heni Setiantanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) resiliensi dan pre­s­­tasi belajar ma­te­matika; (2) motivasi belajar dan prestasi belajar matema­tika; (3) resili­e­n­si dan motivasi be­lajar; (4) resiliensi, dan motivasi belajar terha­dap prestasi belajar mat­e­matika. Populasi dal­am penelitian ini yaitu siswa kel­a­s VII SMP Negeri se-Ke­camatan Banyuurip sebanyak 802 orang dengan sampel seba­n­y­ak 250 orang. Pe­ng­ambilan sampel menggunakan teknik pro­p­o­tionate random sampl­ing. Teknik peng­ambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik an­a­l­i­sis data meng­guna­­kan uji korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi seder­h­ana, dan ana­­li­sis regresi linear ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normali­tas, uji hom­o­genitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Hasil penelitian menun­juk­kan bahwa ter­dapat peng­aruh yang positif dan sign­ifikan antara: (1) resiliensi siswa terhadap pres­tasi belajar mate­ma­tika; (2) motivasi belajar siswa ter­­­hadap pre­­s­tasi belajar mat­e­matika; (3) resiliensi terhadap mot­i­vasi bel­a­­jar matematika; (4) resi­­li­ensi, dan motivasi belajar ter­hadap prestasi belajar ma­te­­matika.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.