PENGARUH RESILIENSI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara: (1) resiliensi dan prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar dan prestasi belajar matematika; (3) resiliensi dan motivasi belajar; (4) resiliensi, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Banyuurip sebanyak 802 orang dengan sampel sebanyak 250 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, korelasi ganda, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi linear ganda. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji keberartian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara: (1) resiliensi siswa terhadap prestasi belajar matematika; (2) motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; (3) resiliensi terhadap motivasi belajar matematika; (4) resiliensi, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i3.4228
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.