PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DENGAN MODEL CORE PADA SISWA SMP

Nur Wahyuningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar matematika dan kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas VII-A SMP Negeri 30 Purworejo dengan menggunakan model pembelajaran CORE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian kemandirian belajar matematika meningkat, ditunjukkan dengan siswa memiliki sikap tanggung jawab, memiliki percaya diri, mempunyai inisiatif, tidak bergantung pada orang lain, dan mampu memecahkan masalah dalam matematika. Rerata persentase kemandirian belajar matematika siklus I sebesar 72,23% dalam kategori cukup, kemudian meningkat menjadi 81,54% dalam kategori baik pada siklus II. Kemampuan koneksi matematis meningkat, ditunjukkan dengan siswa memahami hubungan antar konsep matematika, memahami keterkaitan ide-ide matematika dan membentuk ide satu dengan yang lain, dan menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan perolehan rerata persentase yaitu 65,86% dengan kategori cukup pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 77,96% dengan kategori baik.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.