EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TTW DAN SFE TERHADAP KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP

Eka Susiana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TTW lebih baik daripada komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran SFE pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu.Instrumen penelitian berupa tes berbentuk uraian.Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling.Metode pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes yang sudah diujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan uji-t multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil tes komunikasi matematis siswa menghasilkan dan . Sedangkan hasil tes prestasi belajar siswa menghasilkan dan . Dalam hal ini dapat diambil kesimpulan bahwa komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran TTW lebih baik daripada komunikasi matematis dan prestasi belajar siswa yang dikenai model pembelajaran SFE.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.