PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA ELEKTRONIK DENGAN PENDEKATAN OBSERVATION BASED LEARNING PADA MATERI PERBANDINGAN BAGI SISWA SMP

Sohibul Burhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan siswa elektronik dengan pendekatan observation based learning pada materi perbandingan bagi Siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan subjek siswa kelas VIII A – VIII D SMP Negeri 1 Bonorowo Semester II Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Proses pelaksanaan penelitian pengembangan ini mengikuti langkah penelitian model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Berdasarkan analisis terhadap seluruh data yang didapat dari penelitian pada uji coba tersebut diperoleh bahwa (1) LKS elektronik yang telah dikembangkan memperoleh skror rata-rata 3,34 dalam kriteria valid; (2) dari segi kepratisan LKS elektronik dengan perolehan presentase 86,67% pada kriteria sangat positif digunakan untuk siswa SMP kelas VIII; dan (3) LKS elektronik tidak efektif dengan ketuntasan yang diperoleh sebesar 42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS elektronik yang telah dikembangkan tidak layak.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.