EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TS-TS DAN SFE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ratna Ekasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manakah yang memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik antara model Two Stay-Two Stray (TS-TS) dan Students Facilitator and Explaining (SFE) pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik  Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes prestasi belajar matematika. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran TS-TS lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran SFE pada siswa kelas VII SMP Negeri 32 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.