PENINGKATAN KEMANDIRIAN DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar dan penalaran matematis siswa dengan model Probing Prompting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tes untuk mengukur penalaran matematis. Observasi untuk mengetahui kemandirian belajar dan keterlaksanaan model pembelajaran Probing Prompting. Hasil penelitian kemandirian belajar siswa meningkat ditunjukkan dengan perolehan rerata persentase kemandirian belajar siswa pada siklus I mencapai 74,4% dan meningkat pada siklus II mencapai 79,8%. Hal ini diwujudkan dengan siswa memiliki kesadaran akan tanggung jawab dan adanya inisiatif belajar. Penalaran matematis siswa meningkat pada siklus I mencapai 56,144% menjadi 82,72% pada siklus II. Hal ini ditunjukkan dengan siswa mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis dan siswa mampu memperkirakan jawaban dan proses solusi. Simpulan dari penelitian ini adalah metode Probing Prompting dapat meningkatkan kemandirian belajar dan penalaran matematis siswa kelas VIII-E SMP Negeri 14 Purworejo.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.