PENINGKATAN SELF REGULATED LEARNING DAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEA PADA SISWA SMP

Miftahul Choiriyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan self regulated learning pada siswa SMP melalui model MEA , 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP  melalui model MEA penelitian ini merupakan PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 20 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran MEA. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah peningkatan self regulated learning dan pemecahan masalah siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, angket, tes, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan catatan lapangan. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian dari observasi dan angket menunjukkan bahwa siswa belum aktif dalam berdiskusi, belum berani mempresentasikan hasil diskusi, kurang berani mengajukan pertanyaan dan tanggapan kepada siswa lain, siswa belum yakin dengan jawabannya sendiri sedangkan pada siklus II siswa lebih percaya kemampuannya sendiri, siswa lebih berani mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.