PENINGKATAN KOMPETENSI STRATEGIS DAN DISPOSISI PRODUKTIF SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION

Nurmeilani Nurmeilani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi strategis dan disposisi produktif siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Semua data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan dideskriptifkan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran Spontaneous Group Discussion dapat meningkatkan disposisi produktif siswa. Sehingga siswa lebih antusias dan inisiatif dalam pembelajaran matematika. Siswa juga sudah mengerjakan latihan secara baik, mampu mempresentasikan hasil diskusinya, sudah memperhatikan hasil diskusi teman, dan penjelasan materi yang disampaikan guru. Hasil tersebut didukung dengan data kuantitatif yang menunjukkan bahwa rerata  presentase disposisi produktif siswa berdasarkan observasi pada siklus I sebesar 67,64% meningkat pada siklus II menjadi 78,95% dengan kategori baik. Dengan disposisi produktif siswa yang baik kompetensi strategis siswa juga mengalami peningkatan dengan rerata pada siklus I sebesar 56,23% dan meningkat menjadi 73,73% pada siklus II.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v30i2.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.