PENALARAN INDUKSI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KOTA PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran induksi dalam menyelesaikan masalah matematika pada siswa SMP Negeri di Kota Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pada penelitian ini diperoleh delapan siswa yang memiliki penalaran induksi dan diambil lima siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri di Purworejo sudah berpikir sesuai indikator penalaran induksi. Siswa mampu melengkapi informasi dari data yang tersedia, mampu melakukan analogi dengan lancar, mampu menemukan pola dan menggunakan pola hubungan tersebut untuk menyusun konjektur dengan tepat meskipun pola yang ditemukan berbeda-beda, mampu memperkirakan jawaban atau solusi berdasarkan kecenderungan yang terjadi dari sejumlah data yang teramati dengan lancar, mampu melakukan generalisasi dan mampu menyelesaikan secara transduktif.
Kata kunci: penalaran induksi, masalah matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.