MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AIR

Nesa Aqilla

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model pembelajaran AIR. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, tes dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah kuantitatif yang didukung kualitatif. Hasil penelitian pada observasi kreativitas dengan persentase mencapai 32,25% dalam kategori kurang sekali pada siklus 1 dan meningkat menjadi 70,96% dalam kategori baik pada siklus 2. Sedangkan dari hasil tes pemahaman konsep diperoleh rerata persentase mencapai 63,67% dalam kategori cukup pada siklus 1 menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu, siswa belum mampu mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu dan siswa belum dapat mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, kemudian meningkat menjadi 77,77% dalam kategori baik pada siklus 2. Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model AIR dapat meningkatkan kreativitas dan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII B SMP Negeri 23 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: kreativitas, pemahaman konsep, AIR

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.