PENGEMBANGAN ALAT PERAGA ULAR TANGGA LOGARITMA UNTUK SISWA SMK

Puji Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa alat peraga matematika materi logaritma yang diterapkan untuk siswa  SMK kelas X dan mengetahui kelayakan alat peraga ular tangga logaritma dinilai berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yaitu pengembangan alat peraga matematika. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah media pembelajaran alat peraga ular tangga logaritma. Hasil analisis tingkat kelayakan alat peraga ular tangga logaritma yaitu; (1) Uji validitas untuk ahli materi menunjukkan rerata 85%, penilaian ahli media menunjukkan rerata 89%, sehingga alat peraga masuk ke dalam kategori “Sangat Valid”; (2) Uji kepraktisan dinyatakan praktis oleh praktisi dengan rerata 80%, dan respon siswa dengan rerata 89% (3) Uji keefektifan  diperoleh 93% siswa tuntas. Dari ketiga uji yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga ular tangga logaritma layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata Kunci: ular tangga, logaritma, SMK


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.