STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA TPSDAN NHT DITINJAU DARI KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dikenai model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Number Head Together (NHT), dan Ekspositori; (2) apakah ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang memiliki kecedasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah; (3) apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.Sampel penelitian terdiri dari 3 kelas.Teknik pengambilan sampel menggunakan simpel random sampling. Dari hasil analisis data dengan sel tak sama diperoleh hasil bahwa: (1) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang dikenai model pembelajaran TPS, NHT, dan Ekspositori, (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi, sedang, dan rendah, (3) tidak adanya interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: TPS, NHT, kecerdasan intrapersonal, berpikir kritis
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i2.4107
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.