PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TTW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA

Handari Handari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar matematika dengan menggunakan metode pembelajaran TTW, dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada siswa kelas VIII A SMP Takhasus “Nuril Anwar” Maron Loano Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket dan observasi. Sedangkan  data prestasi belajar diperoleh menggunakan tes tertulis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil menunjukkan penerapan metode TTW ( Thing Talk Write) dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil observasi dan hasil angket motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II.  Persentase rerata motivasi belajar  berdasarkan lembar observasi pada siklus I sebesar 70,7% dapat menjadi  81,1% pada siklus II, persentase hasil angket motivasi belajar siswa  pada siklus I sebesar 60,7% meningkat menjadi 80,4 pada siklus II. Penerapan metode TTW dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan persentase prestasi belajar matematika siswa pada siklus I, siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 48,75% dengan rata-rata nilai 64,78 meningkat menjadi 78,125% pada siklus II dengan rata-rata nilai 78,75.

 

Kata kunci : motivasi belajar, pembelajaran TTW

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v29i01.4096



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.