https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI STATISTIKA | Pratama | EKUIVALEN - Pendidikan Matematika

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI STATISTIKA

Ariyanto Putra Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan menurut prosedur newman dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada materi statistika SMK TKM Teknik Purworejo. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes dan metode wawancara. Hasil penelitian dari tes, dan wawancara menunjukan bahwa siswa telah melakukan 5 jenis kesalahan berdasarkan procedur newman yaitu reading errors dengan persentase kesalahannya adalah 38,68%, comprehension errors 25,50%, transformation errors 9,99%, process skills errors 23,97%, dan encoding errors 21,42%. Sedangkan faktor penyebab siswa mengalami kesalahan yaitu  reading errors dikarenakan siswa kurang waktu dalam mengerjakan soal; comprehension errors dikarenakan kurang tepat dalam menempatkan nilai pada rumus yang digunakan; transformation errors dikarenakan kurang memahami rumus sehingga tidak menuliskan urutan operasi yang tepat dan kurang memahami penempatan nilai dengan benar pada rumus yang digunakan; process skills errors dikarenakan salah dalam menempatkan nilai pada rumus yang digunakan dan salah dalam menghitung operasi; encoding errors dikarenakan kurang belajar dalam melakukan operasi hitung sehingga dalam menuliskan hasil akhir tidak dituliskan.

 

Kata kunci: analisis kesalahan, procedur newman


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v28i1.3899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.