PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE TAPPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo melalui metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada siklus I, presentase skor kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai 63,37% dan pada siklus II meningkat sebesar 75,64%. Dari analisis data tes evaluasi, diperoleh hasil rerata prestasi belajar siswa pada siklus I sebesar 63,35% dengan ketuntasan klasikal mencapai 41,17%. Kemudian pada siklus II rerata prestasi belajar menjadi 76,02% dengan ketuntasan klasikal mencapai 73,52%. Sehingga disimpulkan bahwa Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ A SMK TKM Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i2.3647
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.