PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KOMUNIKASI MATEMATIS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 25 PURWOREJO

Erika Aprilian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan peningkatan komunikasi matematis dengan metode pembelajaran Probing Prompting pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 25 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar observasi komunikasi matematis lisan dan tes uraian hasil belajar. Analisis data dilakukan secara kualitatif pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian siklus I pemahaman konsep  menghasilkan rerata sebesar 71,95% dengan kategori cukup. Siklus II terjadi peningkatan dengan rerata sebesar 89,1% dengan kategori baik. Siklus I observasi komunikasi matematis lisan menghasilkan rerata 68,92% dalam kategori cukup setelah melakukan perbaikan observasi komunikasi matematis lisan siklus II menghasilkan rerata sebesar 78,53% dalam kategori baik. Siklus I tes komunikasi matematis tertulis menghasilkan rerata 66,07% dalam kategori cukup. Setelah melakukan perbaikan tes komunikasi matematis tertulis siklus II menghasilkan rerata sebesar 84,09% dalam kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran probing prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep dan komunikasi matematis.

 

Kata kunci: pemahaman konsep, komunikasi matematis, Probing Prompting


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3639



Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.