PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Ika Fitriana Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara: motivasi belajar dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 19 Purworejo tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah asosiatif, populasi penelitian yakni semua siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling diambil sebanya 121 siswa. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang sudah divalidasi dan diujicobakan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik parametrik yaitu dengan menggunakan korelasi Product Moment dan Korelasi Ganda yang sebelumnya sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil analisis data statistik parametrik menunjukan bahwa terdapat hubungan positif motivasi belajar dan kecerdasan logis matematis terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesartetapi tidak signifikan.

 

Kata kunci: motivasi belajar, kecerdasan logis, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.