EKSPERIMEN MODEL TGT DAN JIGSAW TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran TGT lebih baik daripada prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw, dan (2) apakah model pembelajaran TGT efektif jika diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Kutowinangun. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Kutowinangun tahun pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Instrumen penelitian berupa tes prestasi belajar, angket kepercayaan diri siswa, dan lembar keterlaksanaan. Teknik analisis data menggunakan uji multivariat dan uji-t. Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran TGT lebih baik daripada prestasi belajar dan kepercayaan diri siswa yang dikenai model pembelajaran Jigsaw, dan (2) model pembelajaran TGT tidak efektif jika diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Kutowinangun.
Kata kunci: TGT, Jigsaw, prestasi belajar, kepercayaan diri
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v27i1.3630
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.