PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

Yusuf Arman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VIII Mts Muhammadiyah Bener Kepil Wonosobo melalui pembelajaran kooperatif tipe TSTS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian aktivitas dan prestasi belajar matematika menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa ditunjukkan dengan sikap siswa mulai mengikuti pembelajaran dengan baik, siswa berani bertanya kepada guru. Persentase aktivitas siswa yang sudah memenuhi indikator pada siklus I sebesar 68,7% meningkat menjadi 79,1% pada siklus II. Meningkatnya Aktivitas diikuti meningkatnya rata-rata kelas pada siklus I sebesar 66 dengan ketuntasan klasikal 60% menjadi 72,96 dengan ketuntasan klasikal sebesar 76% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika kelas VIII Mts Muhammadiyah Bener Kepil Wonosobo

Kata kunci: TSTS, aktivitas, prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.