HUBUNGAN READINESS BELAJAR DAN PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara readiness belajar dan persepsi mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Kebumen. Sampel dalam penelitian ini 70 siswa dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi. Kesimpulan dalam penelitian ini adanya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) readiness belajar terhadap prestasi belajar matematika (2) persepsi mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika; (3) readiness belajar dan persepsi mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika.
Kata kunci: readiness belajar, persepsi, prestasi belajar matematika
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3573
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.