HUBUNGAN READINESS BELAJAR DAN PERSEPSI MATA PELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Intan Purnama Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara readiness belajar dan persepsi mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP di Kecamatan Kebumen. Sam­pel dalam penelitian ini 70 siswa dengan menggunakan teknik propotionate random sampling. Teknik pe­­ngam­bilan da­ta yang diguna­kan adalah me­to­de angket dan tes. Analisis data menggunakan korelasi. Ke­simpulan da­lam penelitian ini adanya hubungan yang po­sitif dan sig­nifikan an­ta­ra: (1) readiness belajar terhadap prestasi belajar ma­tematika (2) persepsi mata pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika; (3) readiness belajar dan persepsi mata pelajaran matematika ter­ha­dap prestasi belajar ma­te­ma­ti­ka.

 

Kata kunci: readiness belajar, persepsi, prestasi be­l­a­jar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.