UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan: (1) keaktifan dan (2) prestasi belajar matematika siswa melalui model pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas VII F SMP N 33 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes soal evaluasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian ini adalah (1) Persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I sebesar 45% meningkat menjadi 79% pada siklus II, (2) Persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I mencapai 45% meningkat menjadi 73% pada siklus II. Hal tersebut dapat terlihat dari: (1) siswa berani bertanya kepada guru dikarenakan agar lebih paham dengan materi matematika; (2) siswa berani mengemukakan pendapatnya dikarenakan siswa memiliki keinginan untuk terampil dalam menyelesaikan permasalahan matematika; (3) siswa yang berani menyempurnakan simpulkan yang dikemukakan oleh temannya dan menghargai temannya karena siswa sudah mampu memahami materi matematika.
Kata kunci: Quantum Teaching, keaktifan belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i1.3571
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.