ANALISIS KESULITAN SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI YANG BERKAITAN DENGAN JARAK

Ilham Rais Arvianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi dan memberikan tawaran solusi dari kesulitan-kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal geometri yang berkaitan dengan jarak.Penelitian dilaksanakan di SMA 1 Kartasura dengan tiga subjek penelitain. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara.Validasi data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) siswa kesulitan memahami konsep sehingga terjadi miskonsepsi, tawaran solusinya yaitu: pembelajaran dengan pendekatan kontruktivisme dan dengan tahapan konkret-representasional-abstrak, serta penggunaan alat peraga; (2) siswa kesulitan dalam penggunanan rumus, tawaran solusinya yaitu: memberikan penekanan-penekanan pada konsep awaldan memberikan apersepsi tentang keterkaitan antarkonsep yang akan digunakan; dan (3) siswa kesulitan pembuktian suatu pernyataan secara langsung, tawaran solusinya yaitu: memberikan penguatan konsep danteorema, dan membiasakan siswa mengerjakan soal dengan algoritma yang runtut.


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v26i2.3558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.