UPAYA PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 28 PURWOREJO MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING

Pono Riyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan efektifitas belajar siswa setelah memperoleh pembelajaran matematika dengan Quantum Learning (QL). Selain itu diungkap pula interaksi antara pembelajaran dengan kategori kemampuan awal matematis siswa, serta sikap terhadap matematika dan pembelajaran dengan metode Quantum Learning melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ). Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilaksanakan pada kelas 8A SMP Negeri 28 Purworejo yang terdiri dari 32 anak dengan pendekatan Quatum Learning. Tehnik pengumpulan data PTK  ini adalah Observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas belajar matematika siswa kelas 8A SMP Negeri 28 Purworejo yang terdiri dari 32 anak adalah lebih baik dari pada kelas sebelum penelitian. Terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran dengan kategoteri kemampuan awal siswa. Terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran siklus I dengan siklus II. Secara umum siswa mencapai hasil belajar melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu lebih dari 70. Siswa memiliki sikap positif terhadap matematika dan pembelajaran dengan Quantum Learning.

Kata kunci: Quantum Learning, belajar, efektivitas


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.