HUBUNGAN KONSEP DIRI, INTERAKSI SOSIAL, DAN KECEMASAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII

Risma Yovana Kusuma Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara: (1) konsep diri; (2) interaksi sosial; (3) kecemasan; (4) konsep diri dan interaksi sosial; (5) konsep diri dan kecemasan; (6) interaksi sosial dan kecemasan; (7) konsep diri, interaksi sosial, dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Bagelen tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah total 410 siswa, dengan sampel sebanyak 103 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah propotionate random sampling. Teknik pengumpulan data dengan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, homogenitas, linearitas, dan keberartian. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara: (1) konsep diri; (2) interaksi sosial; (3) kecemasan; (4) konsep diri dan interaksi sosial; (5) konsep diri dan kecemasan; (6) interaksi sosial dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika; dan (7) terdapat hubungan yang tidak signifikan antara konsep diri, interaksi sosial, dan kecemasan terhadap prestasi belajar matematika.

 

Kata kunci: konsep diri, interaksi sosial, kecemasan, dan prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v25i2.3345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.